Senin, 20 Oktober 2014

Tanggung Jawab Sosial

Wirausaha atau sebuah perusahaan kecil atau besar dalam menjalankan tanggung jawab sosial terhadap konsumen dan juga lingkungan di sekitar tempat usaha
 
Mendirikan sebuah perusahaan itu tidaklah mudah!! Dibutuhkan banyak faktor pendukung diantaranya : Kepandaian dalam berbisnis (jika kita tidak pandai dalamn dunia bisnis, untuk apa mendirikan perusahaan), komitmen, keadaan finansial yg besar, dan juga semangat pantang menyerah. Namun dari semua itu, yang paling tersulit adalah mendapatkan KEPERCAYAAN dari konsumen.
Ketika sebuah perusahaan sudah mendapat pengakuan akan kualitas produk yg dihasilkan dan juga mendapatkan kepercayaan dari orang banyak/konsumen.. Perusahaan tersebut dapat dikatakan sebagai perusahaan yg sukses dan bona fide(dapat dipercaya).

Nah Ketika sudah mendapatkan kepercayaan, inilah yg menjadi tanggung jawab bagi perusahaan bagaimana untuk tetap menjaga kepercayaan itu dan menjalin hubungan yg baik dengan konsumen dan orang-orang disekitarnya. Tapi, yg menjadi pertanyaan nya adalah apakah itu tanggung jawab sosial perusahaan??? Disinilah saya akan membahasnya lebih lanjut.

Tanggung Jawab Sosial Perusahaan atau yg lebih dikenal dengan sebutan Corporate Social Responsibility (CRT) adalah suatu bentuk tanggung jawab yg diberikan oleh perusahaan kepada karyawan, konsumen, pemegang saham, dan juga orang-orang disekitaranya dengan ihklas tanpa dipungut biaya. Dengan kata lain, perusahaan itu bergelut dalam kegiatan sosial dan tujuan utamanya adalah memberikan kenyamanan dan kesejahteraan untuk masyarakat dan orang-orang di sekitarnya.  CSR berhubungan erat dengan ” pembangunan berkelanjutan “, di mana ada argumentasi yg menyatakan bahwa suatu perusahaan dalam menjalankan aktivitas usahanya harus berdasarkan keputusannya bukan semata berdasarkan faktor keuangan/finansial, seperti profit dan deviden. melainkan juga harus berdasarkan konsekuensi sosial dan lingkungan baik untuk saat ini maupun jangka panjang.

Sebuah tanggun jawab apabila dijalankan dengan benar maka akan memberika dampak positif bagi perusahaan, lingkungan, dan juga SDM.  Dan Pada Dasarnya, setiap kegiatan perusahaan yg berhubungan dengan SDA (sumber daya alam), pasti memberikan pengaruh positif terhadap internal perusahaan dan juga external. Sebagai contoh, pada kali ini saya akan membahas tentang Perusahaan Tailor (Jahit Baju). Perusahaan ini biasanya dikunjungi oleh orang-orang yg ingin membuat pakaian biasanya untuk acara-acara khusus seperti pesta pernikahaan, tunangan, dsb. Setiap ada even seperti itu, konsumen selalu mencari bahan yg diperlukan lalu datang ke perusahaan tailor ini untuk di jahit dan dibentuk sesuai keinginan customer tsb. Kita tidak mungkin membeli pakaian jadi di pusat perbelanjaan( karena biasanya di pusat perbelanjaan menjual pakian tidak hanya 1 melainkan 2 atau 3 pasang) jadi kemungkinan besar baju yang nantinya kita pakai untuk menghadiri sebuah even bisa juga ditemukan dan dipakai oleh orang lain. Pasti kita akan sangat malu apabila pakaian kita sama dengan orang lain. oleh karena itulah dibutuhkannya perusahaan tailor ini.

Nah untuk membuat/membikin pakaian sesuai keinginan konsumen itu biasanya diberi tenggang waktu bisa paling cepat 3 hari atau seminggu atau bahkan sebulan. Untuk acara besar dan sekali seumur hidup seperti pernikahan, biasanya pasangan yg ingin menikah tersebut memesan baju sebulan atau bahkan bisa 2 bulan sebelum hari H nya.  Selain itu, berat badan seseorang itu dapat berubah-ubah. jika seseorang sudah memesan baju dan diberi jangka waktu sebulan pengerjaannya, dalam sebulan itu akan dilihat apakah berat badan orang tersebut masih sama atau tidak. Jika berat orang tersebut bertambah, maka otomatis baju tersebut harus dirombak lagi agar bisa pas dan terlihat bagus di pakai. Biasanya kalo seperti itu, konsumen meminta waktunya dipercepat maka biaya yang dikeluarkanya pun semakin besar dikarenakan waktu yg diminta melebihi target. namun bagaimana jika sudah diberi jangka waktu misalnya sebulan tapi, masih belom selesai juga??  biasanya perusahaan akan memberikan potongan harga kepada konsumen karena hasil pengerjaannya tidak sesuai dengan waktu yang telah disepakati atau bisa juga perusahaan memberikan garansi jika produk itu mengalami kerusakan selama jangka waktu yg diberikan. Itulah bentuk tanggung jawab yg ditunjukan oleh perusahaan kepada konsumen, guna untuk menjaga nama baik perusahaan, menjalin hubungan erat dengan konsumen, dan memebrikan kenyamanan dan kesejahteraan bagi konsumen agar mereka tidak merasa kecewa dengan kinerja perusahaan kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar