Jumat, 04 November 2011

Contoh fungsi keluarga yang sangat mempengaruhi hidup kita


Keluarga (menurut para ahli) adalah unit terkecil dari masyarakat yang terdiri atas kepala keluarga dan beberapa orang yang terkumpul dan tinggal di suatu tempat di bawah suatu atap dalam keadaan saling ketergantungan.
Berikut saya hanya dapat memberikan 4 contoh fungsi keluarga, yaitu diantaranya :

Fungsi Keagamaan
Fungsi ini untuk menjadikan seseorang yang bertaqwa terhadap Allah SWT. Fungsi ini harus dilakukan pada setiap keluarga, agar menjadi pedoman hidup bagi keluarga tersebut, sehingga kita menjadi pribadi yang memiliki sifat iman, taqwa, jujur, rajin, soleh dan solehah, taat, sopan santun, kesabaran, kasih sayang, disiplin, dan bertanggung jawab terhadap anak.
Fungsi Cinta Kasih
Fungsi ini untuk menjadikan seseorang harus saling mencintai dan mengasihi sesama makhluk Allah, sehingga kita menjadi pribadi yang memiliki sifat empati, akrab, adil, pemaaf,, setia, pengorbanan, suka menolong, dan tanggung jawab.
Fungsi Perlindungan
Fungsi ini untuk menjadikan seseorang menjadi aman, nyaman dan tenteram dalam keluarga, sehingga kita menjadi pribadi yang pemaaf, tanggap, dan tabah.
Fungsi Ekonomi
Fungsi ini untuk seseorang menjadi belajar mandiri. Mandiri dalam mengatur uang, waktu, dan pembiayaan hidup sendiri, sehingga kita menjadi pribadi yang hemat, teliti, disiplin, peduli, dan ulet.

Itulah beberapa fungsi keluarga yang sangat mempengaruhi kehidupan kita. Karena kita masih memiliki keluarga yang senantiasa ada, meskipun keluarga tiap-tiap orang memiliki sifat yang berbeda. Jadi kita harus bersyukur karena kita hidup tidak sendirian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar