Jumat, 04 November 2011

Masalah sosial yang terjadi akibat dari penyimpangan aktualisasi diri


Aktualisasi diri adalah pengalaman yang kita dapatkan pada waktu kita masih kecil yang bertujuan untuk membentuk suatu karakter pribadi seseorang yang akan dibawanya sampai dewasa nanti. Oleh karena itu, jika aktualisasi dalam diri setiap manusia memberikan dampak yang negatif atau bahkan menyimpang menjadi masalah sosial yang ada dilingkungan kita sekarang. Saya akan memberikan beberapa contoh masalah sosial akibat dari penyimpangan aktualisasi diri.

  1. Menjadi seorang pribadi yang hanya memikirkan diri sendiri dan bersifat egois
  2. Menjadi pribadi yang tertutup
  3. Kurang berinteraksi terhadap orang lain
  4. Menjadi seorang yang sombong dan tinggi hati

Masalah sosial yang terjadi akibat dari penyimpangan aktualisasi diri antara lain seperti kenakalan remaja. Contohnya seperti pergaulan bebas, merokok, minum-minuman keras, freesex, dan tindakkan kriminal lainnya. Banyak sebab remaja melakukan hal tersebut, tidak jauh dari kurangnya perhatian orang tua, dan didikan dari orang tua anak tersebut. Cara mencegahnya sangat mudah, yaitu perhatikanlah anak tersebut dah berilah mereka kasih sayang dan pengawasan cara bergaulnya.
Sebenarnya jika aktualisasi diri pada setiap manusia dapat berjalan dengan sebagaimana mestinya, maka hal-hal di atas tidak akan terjadi. Karena tidak ada ilmu yang salah tetapi, bagaimana kita sebagai manusia yang dapat membuat ilmu itu menjadi lebih sempurna.

Sekian dan terima kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar